Rabu, 25 November 2009

PENGARUH PENYAKIT YANG UMUM

Terlepas dari apakah penyebab fisik atau psikologis, namun satu hal cukup jelas bahwa apapun bentuk gangguan itu akan mempengaruhi perkembangan, perilaku, pembentukan kepribadian, dan sikap anak. Penyakit tersebut dapat saja sifatnya menahun atau kadang-kadang, dapat pula berlangsung singkat atau berlarut-larut. Seberapa parah dan lama pengaruhnya pada diri si anak sebagian besar sangat bergantung pada sikap mental si anak sendiri.

Studi tentang anak-anak dengan usia yang berbeda dengan usia yang berbeda mengungkapkan banyak pengaruh penyakit terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak, serta kemampuan anak mengadakan penyesuaian pribadi atau social. Beberapa dari pengaruh penting,yaitu:

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUBUH
Kalau hanya penyangit biasa dan sedang, jarang yang sampai menimbulkan pengaruh terhadap pertumbuhan tubuh anak. Akan tetapi jika ia mengalami penyakit yang lama dan menahun, maka pertumbuhan tubuhnya dapat terhambat lebih-lebih lagi apabila sakitnya terjadi pada saat pertumbuhan berjalan cepat. Hampir semua penyakit dapat menyebabkan penurunan barat tubuh.

PENGARUH LANJUTAN SAKIT
Karena sakit, anak kurang banyak menggerakkan tubuhnya, sehingga ototnya menjadi kehilangan sedikit tenaga dan kekenyalannya, serta mudah lelah. Beberapa penyakit bahkan dapat menyebabkan cacat yang menetap seumur hidupnya, misalnya karena demam rematik maka jantungnya mengalami kelainan.

EMOSI MENINGKAT
Sakit selalu menimbulkan kegoncangan terhadap keseimbangan. Anak yang sedang sakit hamper selalu memperlihatkan sikap yang sangat mudah tersinggung, mudah cemas, dan pemarah.

PERILAKU SOSIAL
Anak-anak yang sering sakit terlalu lama, seringkali menjadi kikuk dan canggung bila harus bermain lagi, karena selama ia sakit, teman-temannya telah mempelajari aturan permainan yang baru yang tidak diketahuinya. Apabila selama di rumah ia selalu dimanja, maka mereka mungkin mengembangkan sikap yang tidak sehat tentang nilai dirinya sendiri.

KETERBATASAN UNTUK BERGERAK
Apabila anak sedanga sakit dan sedang dalam masa penyembuhan, biasanya ia akan dilarang untuk banyak bergerak, dan harus banya beristirahat. Hal ini sangat mengecewakannya. Di samping itu, jika dalam diri anak masih ada perasaan tidak yakin bahwa dirinya sudah menyatu dengan teman-temannya, maka sakit yang harus lama beristirahat ini akan membuatnya cemas dan khawatir akan rusaknya hubungan dengan teman-temannya.

TUGAS SEKOLAH
Meskipun orang tua dan guru mencoba membantu sedapat mungkin untuk mengejar ketinggalan pelajaran sekolah, namun biasanya tetap saja hasilnya memburuk karena terlalu lama tidak masuk sekolah. Ini mungkin saja akan mempengaruhi anak sedemikian rupa sehingga ia tidak lagi suka sekolah.

KESULITAN PERILAKU
Sakit pada anak-anak seringkali merupakan awal dari perilaku social yang buruk, misalnya karena ia sakit menjadi suka rewel bila hendak makan, dan kelainan perilaku lainnya. Banyak anak terbiasa dengan perhatian berlebihan selama ia sakit lalu menjadi anak yang agresif dan banyak menuntut. Hal ini akan mempengaruhi hubungan anak dengan temannya.

GANGGUAN KEPRIBADIAN
Sakit seperti asma dan kencing manis, biasanya akan merusak kepribadian anak karena penyakit seperti ini sifatnya menahun. Sering pula menyebabkan anak bergantung pada orang lain. Meskipun hanya sakit sebentar tetapi parah, juga dapat merusak kepribadian anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar