Rabu, 25 November 2009

DAMPAK PENGGUNAAN NARKOBA

Secara umum ada 2 dampak yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba, yakni (a) kepribadian adiksi (addiction personality) dan (b) gangguan kesehatan tubuh. Individu yang mengalami kepribadian adiksi ditandai dengan suka menyembunyikan tindakan/motif prilaku, berpura-pura, berbohong, menipu, ingkar janji. Secara intelektual, individu akan mudah lupa, tidak dapat berkonsentrasi, sehingga menimbulkan penurunan kapasitas berpikir dan penurunan kemampuan mengambil keputusan. Sedangkan dari gangguan kesehatan bagi pengguna narkoba yakni: adiksi (ketergantungan), infeksi paru, infeksi jantung, penularan penyakit hepatitis B, C dan AIDS/HIV, impotensi, kecacatan pada bayi, kematian karena overdosis, dan infeksi.

Hal yang perlu diwaspadai bagi pengguna narkoba (junkies) yakni terjadinya sakaw. Sakaw yakni gejala putus obat yang ditandai dengan (a) bola mata mengecil, (b) hidung dan mata berair, (c) bersin-bersin, (d) menguap, (e) banyak berkeringat, (F) mual-mual, (g) muntah-muntah, dan (h) diare

Untuk itu, lebih baik kita menghindari dari pada awlnya hanya untuk mencoba-coba tetapi berakibat fatal bagi kesehatan dan masa depan kita. Memilih pergaulan dalam lingkungan sangatlah penting, karena dampak baik ataupun buruknya akan kita rasakan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar